Tips Masakan dan Makanan


##tips u keju, yoghurt dan susu :
- Keju
Bungkus keju yang akan disimpan ke dlm plastik atau alumunium foil yang kedap udara. Dengan cara ini, keju bisa dipakai 2-4 bulan dr tgl pembelian. Jauhkan dari bahan makanan yang berbau tajam atau bau yang mudah diserap karena akan memengaruhi rasa keju.

- Susu dan yoghurt
Simpan yoghurt di chiller pada suhu 4-6 derajat Celcius, supaya bakteri yang bermanfaat bagi pencernaan tetap hidup. Susu atau yoghurt yang sudah dibuka sebaiknya dikonsumsi 2-3 hari sejak tanggal dibuka, meski tertulis tanggal kadaluarsa masih lama

##Tips utk simpan daging & Ayam di kulkas biar awet... cuci bersih Daging / Ayam, bungkus dg PLastik yg buat makanan..biasanya aku double dua bungkusnya..trus bungkus dg Koran..trus bungkus lagi dgn plastik.. bungkusnya yg rapi

## Tips belanja:
- Wortel
Potong2 wortel jd beberapa bentuk,untuk sop potong biasa,untuk capcay potong serong,untuk acar potong memanjang,untuk anakku MPASI aku cincang2..masing2 masuk ke kantong plastik yg biasa untuk obat..
- Buncis jg sama
- Brokoli
Cuci bersih potong perkuntum masuk plastik jg..
- Kacang Panjang jg sama

Untuk ayam,biasanya lgsg aku ungkep stlh mateng masuk wadah plastik kedap udara

Daging,aku bikin gepuk masuk wadah plastik

Ikan,aku bumbuin masuk wadah plastik jg jd tinggal goreng

Untuk sayur2an yg mudah layu,aku cuci bersih,keringin trs bungkus pake koran,dan masaknya selalu di duluin..

Untuk b.merah,b.putih,b.bombay..aku kupas,iris2,masuk wadah plastik kedap udara,kasi garam dikit (aku lupa fungsinya apa)

jadi tiap masak,aku tinggal masuk2in smuanya..cm perlu waktu lbh banyak di hari minggu,1 minggu ke depan bebas dari kerepotan ngupas2,wkt bwt anak lbh banyak deh..

##Cara menyimpan ASI yang sudah diperah, ditaruh di botol atau plastik penyimpanan. Isi botol penyimpanan maksimal 3/4 botol. Jangan lupa untuk menutup botol atau plastik dengan rapat. Sebelum ditaruh di kulkas, beri label nama, tanggal dan jam memerah ASI pada setiap botol. Setelah itu baru masukkan ke tempat penyimpanan yang sesuai. Jika dibekukkan, masukkan dulu ke dalam kulkas selama 30 menit, baru dimasukkan ke freezer.
ASI segar yang baru diperah dan disimpan di freezer dengan suhu -15 derajat celcius bertahan dua minggu. Kalau ditaruh di freezer lemari es dua pintu bersuhu -18 derajat celcius bisa bertahan 3-6 bulan. Sedangkan jika diletakkan di lemari es khusus freezer ASIP mampu bertahan 6-12 bulan.

##Sayuran dan buah
Untuk menjaga sayur tetap segar di lemari es, sebaiknya sayuran dicuci bersih lebih dahulu. Kemudian bungkus sayuran dengan kitchen paper, masukkan ke dalam kantong plastik, lalu simpan dalam lemari es. Dengan cara ini, sayur seperti brokoli bisa bertahan kesegarannya sampai satu minggu.

Sedangkan untuk kol, sebaiknya jangan di simpan di lemari es bersama bahan makanan lainnya, karena gas dari kol dapat merusak sayuran.

Tauge juga perlu perlakuan khusus. Karena tauge mudah busuk, rebus tauge sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, lalu tiriskan. Setelah itu bungkus dengan kitchen paper, masukkan ke plastik, dan simpanlah di lemari es.

Untuk jamur, hindari mencuci jamur sebelum disimpan dalam lemari es, karena jamur tak tahan air. Aplikasikan cara yang sama untuk wortel, cabe merah, dan cabe hijau. Kemudian bungkus rapat dengan kitchen paper, bungkus plastik, lalu simpan dalam lemari es.

-Buah-buahan
Simpan buah-buahan dalam wadah plastik yang memiliki ventilasi. Hindari menyimpan apel dalam lemari es. Sebab apel memproduksi ethylene yang bisa membuat sayur dan buah lainnya cepat busuk.

Buah tomat yang terlalu matang bisa disegarkan kembali jika cara menyimpannya benar. Caranya, rendam tomat dalam air dingin yang ditambahkan sedikit garam
Rendam tomat semalaman dalam lemari es

##Tehnik menyimpan buah2an seperti Semangka biar tetep Fresh dan lbh Tahan Lama di Kulkas

Agar semangka tetap fresh: Potong Semangka jadi 4 Bagian.. (kalau mau bisa jd 8bagian) lalu masing2 di bungkus pakai plastik Wrap yg rapi dan rapat ( bag bawahnya disolasi) .. nah kalo mau makan ambil per bagian deh.. sisanya tetep Fresh dikulkas..

##Tehnik Menyimpan Kaldu untuk MPASI si kecil

1. Satu / setengah ekor Ayam Kampung
2. Jeruk Nipis
3. Bawang Putih (dikeprek)
4. Air secukupnya

Cuci Ayam (kalo aku pilih tanpa kulit) dengan perasan jeruk nipis.. , masukan ke Panci berisi Air secukupnya (tergantung porsi Ayam) , masukan bawang putih.. Lalu Masak sampai kaldunya keluar (kekuningan) , Dinginkan.. Saring.. dan masukan air kaldu kedalam Plastik kiloan disesuaikan takarannya. misal 1panci air kaldu aku bikin jd 10 plastik. Simpan di freezer.. kalau mau buat sup tinggal ambil Kaldu beku nya..

*Ayam kampung bisa diganti dg Daging/ Ikan
*Plastik Kiloan bisa diganti dg Cetakan ESBATU jd kalo mau masak tinggal ambil per Balok

itu andalanku sejak MPASI zheira dulu sampai skg.. jadi lbh Praktis dan Tahan lama.. bisa 1bulan lebih ya tapi kalo aku biasanya ga sampe 2minggu sudah habis
##sbenarnya sih tkg sayur ada,tp saya suka belanja 3hr skali untuk sayur.klo daging,ayam n ikan,klo pengen baru beli. sayuran biar tdk cepat layu,sblmny udah sy siangi,jd batang+akar dbuang,karna itu paling banyak mnyerap air dr daun.klo daun sledri,bwg daun n bwg prey,dbungkus sendiri2 pake kertas koran.djamin,sayur+daun bs tahan dlm 1mgg.

##Rumahku jauh dr pasar, abang2 tukang sayur nga ada, warung jualan apalagi, jd klo belanja buat persedian 1 minggu
-daging dibersihin dibumbui direbus, masukin tppwr simpan dikulkas
-ayam dibersihin dipisah separuh dibumbui ungkep(u goreng) maskin tppwr* simpan dikulkas bkn frezzer, sebagian lg dibersihinn dimaskn tppwr* simpoan di fezzer
-ikan/udg/cumi, dibersihin. kasi jeruk nipis ada yg dibumbui, ada yg tdk, dimasukin plastik2 sesuai yg akan dimask masukin frezzer
-tahu direbus kasi garam sedikit masukin tppwr* simpan dikulkas
-tempe masukin plastik simpan dikulkas
-sayur2an, daun bawng/seledri dibungkus koran simpan dikulkas
-terong/pare/labu dan sejenisnya dimasukin plstik simpan dilkulkas
-bawang mrh/pth dikupas masukin ditppwr* simpan dikulkas
-cabe dibersikin tngkainya. masukin tppwr* simpan dikulkas
-buah2an tetap diplastik simpan dikulkas
pokoknya kulkas is the best dah klo nga ada bisa brabe..

## agar Daging dan ayam awet dan tidak busuk
Simpan daging dan ayam dalam wadah tertutup di lemari es, Jika akan diolah dalam waktu lama, bekukan daging dalam freezer. Caranya:
* Cuci bersih daging /ayam, potong-potong, masukkan dalam wadah2 tertutup dengan jumlah untuk sekali masak.
* Simpan daging atau ayam dalam lemari pendingin (chiller) sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Tujuannya, agar udara dingin menyebar rata sampai ke dalam daging, dan menghindari pembusukan di bagian tengah daging.
* Untuk memudahkan pencairan daging, pindahkan daging atau ayam dari freezer ke chiller semalam sebelum dimasak. Tujuannya agar daging atau ayam sudah tak membeku lagi tetapi masih segar saat akan dimasak.
## aku kl masak slalu dlm porsi banyak kira2 utk 2-3hari makan..jd selain bs hemat gas,hemat bumbu,hemat waktu pula..
trs gmn cr nyimpennya supaya makanannya awet&ga busuk??gampang kok moms..aku simpen masakanku perporsi skali makan didpm lock&lock,trs aku simpen deh di freezer..nanti kl mau dimakan tinggal keluarin deh 1 lock&lock,kl udh ga beku angetin deh di microwave/dikukus..
praktis kaaaan?!;)

##kalo aku paling sering masukkan kulkas adalah kerupuk, soalnya suka bgt makan pk kerupuk, biasanya aku goreng kerupuk udang trus masukin plastik dan simpen d kulkas spy tiap kali mau makan pasti rasanya msh krenyess..berlaku jg utk cemilan anakku, misalnya wafer

## rumahku jauh dr pasar dan ga ada tukang sayur keliling pula, jd yg namanya ngestok pasti aq lakukan min buat seminggu..

untuk daun salam ato daun jeruk, biasanya aq masukkin ke tupperware , tutup rapat dan di simpan di bagian vegerator. biasa tahan semingguan tanpa mengering.

kalo bawang bombay yg masih sisa setengah, aq bungkus pake alumunium foil, masukkin ke vegerator, awet juga ..
## aku biasa bikin stock kaldu buat baby ku yg MPASI, pakai tulang iga dan daging sapi.setelah daging empuk dan kaldu matang, aku blender dagingnya jd setengah halus, taruh di tupperware,simpan di freezer...selain bs buat mpasi baby ku bs jg buat anggota rmh yg lain klo mau bikin capcay,nasgor,migor,spagetti tinggal ambil deh..praktis,apalagi buat sahur gini

## Dulu waktu lagi harga cabai merah melambung tinggi aku akalin cara penyimpanannya moms, cabai itu kan cepat busuk ya kalo salah penyimpanan.Caranya cabai dicuci bersih lalu dijemur dibawah terik matahari sampai benar2 kering kalo 1 hari dirasa kurang cukup diulang lagi penjemurannya.Kalo sudah kering sekali aku simpan di wadah yg tertutup bersih nah ketika akan digunakan cabai tersebut aku rendam dgn air panas.nanti cabainya akan sedikit mengembang baru deh digunakan..happy fasting moms..

##sy suka bikin cemilan risol. bikin agak banyak tp di goreng secukupnya saja klo mo ngemil sore2..

bahan2:
* kulit lumpia siap pakai
* wortel potong dadu kecil2
* kentang rebus sebentar trus
potong dadu
* 1 bungkus bihun kaca rebus
hingga matang
* ayam sesuai kebutuhan, direbus
hingga matang dan potong kecil2
* tahu sutera 1 buah, hancurkan
* bumbu masak instan (royco atau
masako )
## campurkan semua bahan jd satu, setelah itu ambil 1 kulit lumpia, isi dgn bhn yg sdh jd td, bentuk risol. hingga bahan habis. simpan di freezer dgn wadah tertutup spy gak kering risolnya. goreng sejumlah yg diinginkan saja.
##anak2 plg suka klo di bikinin empal gepuk yg empuk na biar empuk dagingnya aq presto sekalian hemat gas,sesudahnya bru di ungkep pake bumbu,trs simpan di frezzer,klo pas lg males masak tgl buka trs goreng deh,o ya sisa kuah daging waktu di presto jgn dibuang bs di buat kaldu untuk sop

## kemarin lihat stock ayam mentah masih banyak di kulkas, karena kadang saya sibuk n nggak sempat masak, jadinya sering kebuang deh. nah kepikiran dimasak semua yang bisa disimpan lama, tetap awet, enak n masih cocok buat saya yg sedang diet, secara yang kita tau masakan yg awet biasanya yg extra manis, asin atau oily kan... kebetulan weekend kemarin dapet saran tim xenicare, buat ganti santan dengan susu low fat/ skim, berlaku buat makanan manis n asin ya... ga kebayang sih gmn rasanya kalau masak daging ayam dengan susu... akhirnya saya coba buat rendang ayam, ganti santan dengan susu low fat, beli bumbu rendang siap pakai, daun jeruk n serai. masukin deh ke panci semua bahan tadi, mpe mendidih baru ayamnya masuk... biarin sampai kering, ehh ternyata nggak jadi oily gitu lho... rasanya juga sama aja... nah menyimpannya, diplastik per porsi n masukkan freezer, tiap mau makan buka plastik masukin ke piring atau mangkuk kecil, kukus aja... setelah panas, tuang aja 1sdt olive oil... siap deh santap rendang ayam sehat low cholesterol... stock ayam untuk diet pun aman di kulkas sampai seminggu lebih...

## Di freezer selalu sedia ayam bumbu kuning yg sdh diungkeb dan jg bandeng presto. Setelah dimasak simpen di l*ck & l*ck, tunggu uap panasnya hilang baru ditutup dan disimpan difreezer. Kl lagi males masak tinggal keluarin dan goreng deh
##biasanya aq nyimpen roti tawar di freezer.roti kan cepet bgt kadaluarsa nd jamuran.nah agar awet dan tahan lama bisa sebulan lebih simpen deh difreezer.kalau mau bikin toast or roti bakar bisa didefrost dulu dimicrowave baru dibakar or dipanggang sesuai keinginan.

1 comment: